Penghargaan Desa

Penghargaan Desa


Penghargaan/Award “DESA EMAS” yang dikeluarkan oleh KONSORSIUM NASIONAL berbagai elemen yang peduli dengan Pembangunan Desa. Penghargaan tersebut diberikan kepada Desa terpilih yang telah memenuhi 5 aspek utama Desa Emas, yaitu Desa yang telah memiliki: 1) Masyarakat yang berakhlaq mulia (bina karakter); 2) Masyarakat yang memiliki persaudaraan yang erat (bina saudara); 3) Terbentuknya BUMDesa sebagai motor penggerak perekonomian desa yang manfaatnya dirasakan bersama (bina sinergi); 4) Tersedianya akses layanan keuangan bagi masyarakat desa melalui BUMDesa LKM untuk membangun ekonomi berkelanjutan (bina dana); 5) Memiliki produk unggulan berbasis kearifan lokal yang telah menembus pasar domestik dan global (bina pasar).

Klasifikasi Status Desa

Indeks Desa Membangun akan menentukan 5 status kemajuan dan kemandirian Desa, yang disebut dengan Klasifikasi Status Desa. Klasifikasi Status Desa dalam PermendesaPDTT Nomor 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun tersebut adalah:

  • Desa Mandiri atau yang disebut Desa Sembada adalah Desa Maju yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan Desa untuk peningkatan kualitas hidup dan kehidupan sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa dengan ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, dan ketahanan ekologi secara berkelanjutan. Desa Mandiri atau Desa Madya adalah Desa yang memiliki Indeks Desa Membangun lebih besar (>) dari 0,8155.
  • Desa Maju atau yang disebut Desa Pra-Sembada adalah Desa yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi dan ekologi, serta kemampuan mengelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup manusia, dan menanggulangi kemiskinan. Desa Maju atau Desa Pra-Madya adalah Desa yang memiliki Indeks Desa Membangun kurang dan sama dengan (≤) 0,8155 dan lebih besar (>) dari 0,7072.
  • Desa Berkembang atau yang disebut Desa Madya adalah Desa potensial menjadi Desa Maju, yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi tetapi belum mengelolanya secara optimal untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup manusia dan menanggulangi kemiskinan. Desa Berkembang atau Desa Madya adalah Desa yang memiliki Indeks Desa Membangun kurang dan sama dengan (≤) 0,7072 dan lebih besar (>) dari 0,5989.
  • Desa Tertinggal atau yang disebut Desa Pra-Madya adalah Desa yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi tetapi belum, atau kurang mengelolanya dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup manusia serta mengalami kemiskinan dalam berbagai bentuknya. Desa Tertinggal atau Desa Pra-Madya adalah Desa yang memiliki Indeks Desa Membangun kurang dan sama dengan (≤) 0,5989 dan lebih besar (>) dari 0,4907.
  • Desa Sangat Tertinggal atau yang disebut Desa Pratama adalah Desa yang mengalami kerentanan karena masalah bencana alam, goncangan ekonomi, dan konflik sosial sehingga tidak berkemampuan mengelola potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi, serta mengalami kemiskinan dalam berbagai bentuknya. Desa Sangat Tertinggal atau Desa Pratama adalah Desa yang memiliki Indeks Desa Membangun kurang dan lebih kecil (≤) dari 0,4907.

Award Desa Emas

Desa EMAS 17 Karat

Diberikan kepada desa yang telah mencapai klasifikasi Desa Mandiri (Desa Terbang) Kementrian Desa dan memiliki Industri Desa sesuai peta jalan Gerakan Desa Emas.

Desa EMAS 22 Karat

Diberikan kepada desa yang telah mendapatkan award Desa Emas 17 karat dan sudah mencapai klasifikasi sesuai Saenaul Undong, berarti Desa tersebut telah memenuhi 5 pilar Gerakan Desa Emas.

Desa EMAS 24 Karat

Diberikan kepada desa yang telah mendapatkan award Desa Emas 22 karat dan telah bebas dari molimo (anti madat/narkoba, anti mabok/miras, anti madon/pornoasksi, anti maen/judi, anti maling/korupsi).